PROGRAM KERJA PD APEI NTB MASA BAKTI 2022-2027
ORGANISASI, KEANGGOTAAN DAN PEMBERDAYAAN SDM
- Melakukan pendataan ulang keanggotaan PD APEI NTB.
- Sosialisasi AD,ART dan Peraturan Organisasi kepada anggota PD APEI NTB
- Melakukan inovasi pengembangan serta perawatan database anggota secara online (jika memungkinkan), yang bermanfaat untuk memberikan informasi data anggota secara real time dan memudahkan pihak stakeholder yang ingin menjalin kerjasama dengan anggota PD APEI NTB.
- Melakukan kunjungan kerja (Audence) ke Dinas ESDM Prov NTB, PLN UIW NTB,PTN/PTS,SMK, Pemerintah Daerah/Provinsi guna menguatkan martabat anggota PD APEI NTB.
- Meningkatkan jumlah anggota melalui promosi melalui media online atau media social.
- Pengembangan perluasan kemitraan PD APEI NTB dengan Asosiasi Badan Usaha, LSBU,LSK, LIT, ESDM,PLN, PTN/PTS,SMK, Pemerintah Daerah/Provinsi dalam rangka pelaksanaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi di bidang Ketenagalistrikan.
- Melakukan Sosialisasi Standard Keteknikan dan Kompetensi anggota terkait Regulasi Pemerintah tentang Ketenagalistrikan.
- Mengirim anggota untuk mengikuti Uji Asesor Tenaga Teknik Bid Pembangkit, Distribusi, dan Instalasi Pemanfaatan.
- Membantu anggota DPD AKLI NTB berkaitan dengan kebutuhan akan Sertifikasi kompetensi di bidang Ketenagalistrikan.
- Secara proaktif berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi Regulasi Ketenagalistrikan.
- Mendukung pemerintah untuk Menyusun peraturan atau regulasi yang efektif dan efisien di bidang Ketenagalistrikan.
- Melakukan koordinasi untuk pelaksanaan Rakerda, Rakorda, Musda .
SERTIFIKASI DAN REGULASI
- Membuka dan melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi Jenis Usaha Konsultansi, Pembangunan Pemasangan, Pengoperasian, Pemeliharaan, Pemeriksaan dan Pengujian Bid. Pembangkit, Distribusi dan Instalasi Pemanfaatan.
- Melakukan pelatihan dan Sertifikasi bidang Ketenagalistrikan terhadap anggota DPD AKLI NTB, dan Asosiasi Badan Usaha lain, siswa/ mahasiswa di Sekolah Menengah Kejuruan, PTN/PTS di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
KEMENTRIAN DAN KELEMBAGAAN
- Meningkatkan Kemitraan dan komunikasi antar lembaga guna meningkatkan kompetensi dan standard anggota
- Menjalin kerjasama dengan DPD AKLI NTB dalam memenuhi kebutuhan anggota berkaitan dengan pelatihan dan sertifikasi kompetensi di sektor ketenagalistrikan
- Membina komunikasi yang berkesinambungan dengan Pemerintah Daerah, PT. PLN (Persero), Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan permasalahan – permasalahan yang dihadapi anggota dapat terakomodir.
- Bersama dengan bidang Sertifikasi dan Regulasi menjalin Kerjasama dengan Asosiasi Badan Usaha, Lembaga Inspeksi Teknis (LIT), Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) ,Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Universitas Negeri/ Swasta berkaitan dengan program pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi yang bekerjasama dengan LSK PT. APEI.
- Menjalin komunikasi dan kerja sama dengan pabrikan atau penyedia barang untuk mengakomodir kebutuhan anggota.
KEUANGAN
- Membuat Laporan Keuangan PD APEI NTB yang disampaikan secara berkala saat rapat pleno
- Melakukan tata kelola keuangan yang profesional dan transparan
- Menjalin komunikasi dengan DPD AKLI NTB berkaitan dengan Sewa kantor (negoisasi harga) dan penyelesaian tunggakan sewa kantor selama 6 tahun
- Menambah fasilitas kantor berupa laptop/PC (upgrade), printer, LCD Proyektor,dll
- Mengadakan Inventaris Peralatan Peraga/Alat Ukur berkaitan dengan penyelenggaran Uji Sertifikasi Kompetensi
- Memaksimalkan sekretariat dan pengurus PD APEI berkaitan dengan administrasi kantor
- Mencetak KTA PD APEI per 3 tahun/ 1 tahun
- Penyesuaian Uang Pangkal, iuran anggota dan uang pendafataran anggota baru untuk membantu biaya operasional asosiasi
- Penyesuaian Biaya Sertifikasi Kompetensi (Baru/ Perpanjang)
Berikut Merupakan Dokumen resmi Program Kerja PD APEI NTB Masa Bakti 2022-2027